Text
REPRESENTASI MASKULINITAS PADA KARAKTER SPIDER-MAN DALAM FILM SPIDER-MAN: NO WAY HOME
Film yang merupakan salah satu produk dari komunikasi, sampai saat ini masih sangat digemari oleh banyak masyarakat sebagai sarana mereka dalam mencari hiburan. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas mengenai representasi maskulinitas yang ada pada karakter Spider-Man dalam film Spider-Man: No Way Home. Sutradara sebagai seorang komunikator massa, menciptakan sebuah film yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah pesan mengenai realitas sosial terutama mengenai maskulinitas. Teori yang akan peneliti gunakan adalah teori mengenai komunikassi massa, teori film, teori representasi, dan teori maskulinitas. Lebih lanjut, dengan metode analisis semiotika milik John Fiske, peneliti akan menggunakan tangkapan layar atau screenshot dari film Spider-Man: No Way Home, yang memiliki berbagai macam tanda. Selain itu peneliti juga akan menggunakan tangkapan layar atau screenshot dari film Spider-Man: No Way Home untuk membentuk dan menunjukkan penggambaran mengenai bagaimana maskulinitas direpresentasikan. Lalu, hal tersebut akan diinterpretasikan dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang terdapat ditiap-tiap adegan atau scenes untuk mengetahui bagaimana makna atau arti yang terkandung didalamnya yang memiliki relevansi dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa maskulinitas dalam film SpiderMan: No Way Home direpresentasikan oleh tiga versi karakter Spider-Man. Hal ini selaras dengan tujuh konsep maskulinitas tradisional yang dikemukakan Janet Saltzman Chafetz. Dengan maskulinitas yang ada di dalam diri Peter Parker atau Spider-Man, menunjukan bagaimana pahlawan super tersebut merepresentasikan maskulinitas yang sesuai dengan maskulinitas yang ada di Indonesia. Kata Kunci: film, representasi, semiotika, maskulinitas
824430282 | SKRIPSI IKOM 282/2024 | R. Koleksi Skripsi/TA Lantai IV Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain