Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI (STUDI KASUS CV. DALWA ROTI –BANGIL).
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengembangan Usaha Roti (Studi Kasus Cv. Dalwa Roti –Bangil). Dalam penelitian ini mengangkat permasalahan berupa: Bagaimana identifikasi IFAS dan EFAS yang diterapkan oleh CV. Dalwa Roti dalam mengembangkan usaha roti dan Bagaimana strategi yang di terapkan oleh CV. Dalwa Roti dalam mengembangkan usaha roti. Tujuan Penelitian ini yaitu Mengetahui identifikasi IFAS dan EFAS yang diterapkan oleh CV. Dalwa Roti dalam mengembangkan usaha roti mengetahui strategi yang di terapkan oleh CV. Dalwa Roti dalam mengembangkan usaha roti. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriftif pada 5 responden yakni pemilik usaha dan 2 orang karyawan usaha roti dan 2 konsumen. Adapun data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner yang diisi oleh responden, serta dokumentasi. Kemudian data yang didapatkan dari hasil pengumpulun data dianalisis menggunakan analisis SWOT, IFAS dan EFAS. Berdasarkan hasil analisis faktor internal, kekuatan utama usaha roti ini produk berkualitas dan mempunyai banyak varian rasa (0,47). Kelemahan utama yaitu saluran distribusi masih terbatas (0,25). Faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu hubungan baik dengan pedang dan pelanggan (0,50). Ancaman utama yaitu persaingan dari produk lain (0,48). Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT pada diagram kartesius penelitian menunjukan bahwa usaha roti berada pada kuadran growth (pertumbuhan) dimana kuadran berada pada posisi 1 yang artinya bahwa situasi sangat menguntungkan. Usaha CV. Dalwa Roti memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan sekaligus meminimalkan kelemahan dan mengatasi ancaman. Kata Kunci: Analisis SWOT, Usaha Roti, Strategi Pengembangan
824240043 | SKRIPSI AGRIBIS 043/2024 | R. Koleksi Skripsi/TA Lantai IV Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain